10 Manfaat Paprika Merah untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan

10 Manfaat Paprika Merah untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan

Paprika kerap digunakan sebagai campuran dalam beragam resep masakan seperti salad, pizza, maupun pasta. Paprika sendiri bisa disebut salah satu jenis cabai yang berukuran besar.

Wangi dan rasa pedas yang dihasilkan oleh buah dengan sebutan bell paper ini begitu khas. Seperti halnya cabai pada umumnya, paprika juga mengandung capsicum annuum L yang menghasilkan cita rasa pedas. Jika dibandingkan dengan cabai rawit atau cabai merah, paprika tidak begitu terasa pedas.

Ada tiga jenis paprika yang sering ditemui orang yaitu paprika merah, paprika kuning, dan paprika hijau. Di antara ketiganya, paprika merah dianggap paling banyak memiliki kandungan nutrisi seperti sumber vitamin, antioksidan, dan beberapa mineral lain yang sangat baik untuk kesehatan tubuh mulai dari menyehatkan mata, baik untuk kesehatan kulit, dan mencegah kanker.

Berikut 10 manfaat paprika merah untuk kesehatan tubuh yang telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber.

1. Meningkatkan Kesehatan Sistem Imun

Kandungan vitamin C dalam paprika merah yang cukup tinggi mampu meningkatkan kesehatan sistem imun dan memelihara keremajaan kulit.

2. Sumber Nutrisi yang Baik untuk Tubuh

Apabila kamu memasak paprika sebentar dengan api kecil, rasanya akan cenderung lebih manis dan kandungan nutrisinya juga dapat diserap oleh tubuh jauh lebih maksimal jika dibandingkan dengan kita memasaknya terlalu matang.

3. Mencegah Kanker

Menurut beberapa penelitian, senyawa capsaicin mampu mengobati kanker dengan cara mencegah karsinogen mengikat dengan DNA. Gambaran sederhananya adalah paprika memiliki kemampuan untuk membuat sel-sel kanker yang kelaparan yang akan membunuh mereka.

Mengonsumsi paprika secara tepat dapat memberikan beberapa perlindungan dari kanker bahkan makanan ini bisa dikonsumsi sebagai bagian dari asupan makanan biasa.

4. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Vitamin lainnya yang terkandung dalam paprika adalah vitamin B6 yang berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan meregenerasi sel.

5. Menjaga Sistem Pencernaan

Kandungan serat dalam paprika merah sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan sehingga secara tidak langsung hal ini bisa menjadi upaya untuk mengontrol tingkat kolesterol dalam tubuh.

Konsumsi paprika merah juga diyakini bermanfaat bagi kamu yang memiliki keinginan untuk menyembuhkan dan merawat sindrom iritasi baik usus besar maupun sembelit.

6. Mengontrol Gula Darah

Selain enak untuk dijadikan tambahan dalam berbagai menu makanan, paprika merah juga memiliki kandungan serat pangan, nutrient, vitamin, mineral, dan juga antibiotic yang tinggi.

Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan gula darah dan mencegah berbagai macam penyakit lainnya. Paprika bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes tanpa ada larangan apapun.

7. Meningkatkan Metabolisme

Rajin mengonsumsi paprika merah dipercaya dapat meningkatkan metabolisme dengan menurunkan trigliserida yang merupakan salah satu jenis lemak yang banyak ditemukan dalam darah.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Paprika merupakan salah satu rahasia untuk menurunkan berat badan secara cepat dan alami. Hal ini karena paprika hanya mengandung 37 kalori sehingga mengonsumsinya secara teratur baik sebagai bahan makanan atau snack tidak akan mengganggu usaha diet yang sedang kamu jalani.

Jadi mengonsumsi paprika sangat disarankan dibanding ngemil keripik kentang karena paprika lebih kaya akan nutrisi.

9. Baik untuk Kesehatan Mata

Paprika mengandung lutein dan zeaxanthin yang sangat diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan mata. Dalam dunia medis lutein kerap digunakan untuk merawat pasien degenerasi makula atau pemicu kebutaan pada orang tua.

Lutein bekerja dengan cara menyaring sinar UV yang berpotensi merusak retina sehingga sel mata tetap aman terlindungi.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam paprika sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Apalagi kandungan beta-karoten juga merangsang produksi kolagen dalam tubuh sehingga kulit tampak sehat dan awet muda.

Itu tadi manfaat mengonsumsi paprika yang sangat baik untuk tubuh. Untuk mendapatkan pepaya aneka jenis tersebut kamu dapat membelinya di TaniHub. Tak hanya menyediakan varian pepaya yang lengkap, di platform ini kamu juga akan mendapatkan pepaya dengan kualitas terbaik langsung dari petani. Jadi dijamin pepaya yang akan kamu terima dalam kondisi segar.

Selain itu, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo - promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Yuk belanja di TaniHub, cukup kunjungi websitenya di https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore!

0 komentar:

Posting Komentar