5 Alasan Mengapa Budaya Membaca Harus Dikembangkan, Yuk Simak Disini

5 Alasan Mengapa Budaya Membaca Harus Dikembangkan, Yuk Simak Disini

Sejauh ini, banyak anak yang menganggap bahwa membaca adalah hal yang membosankan. Untuk itu, melalui gerakan #IndonesiaCintaMembaca, Tanoto Foundation mengajak orang tua untuk mengikuti #MomenBacaBersama dengan buah hati agar membaca menjadi menyenangkan. Yuk kenali pentingnya membaca disini.

5 Alasan Pentingnya Kebiasaan Membaca

1. Menambah Wawasan

Membaca merupakan kegiatan mengenali informasi baru dari suatu bacaan. Berbagai cerita yang tertuang dalam suatu bacaan seringkali berisi tentang kejadian maupun tips untuk menghadapi suatu permasalahan. Oleh karena itu, informasi yang telah anda dapatkan dari suatu bacaan dapat membantu anda untuk menyiapkan diri dalam menghadapi tantangan hidup.

2. Meningkatkan Kualitas Memori

Kegiatan membaca seringkali membuat otak anda mendapatkan hal baru yang harus diingat. Membaca dapat mengantarkan anda untuk mengenali tokoh, latar, dan kejadian dalam suatu bacaan. Untuk itu, kegiatan membaca dapat meningkatkan kualitas memori dalam mengenali suatu bacaan.

Kegiatan yang dilakukan oleh Tanoto Foundation mengajak orang tua untuk menanamkan kebiasaan membaca kepada anak sejak kecil. Dengan membiasakan membaca sejak kecil, seorang anak dapat memiliki kualitas memori yang bagus kedepannya. Riser yang dilakukan oleh Haskins Laboratories juga menunjukkan bahwa membaca dapat menstimulus otak untuk berpikir dan konsentrasi.

3. Memunculkan Ide Kreatif

Tak jarang bagi anda dapat menemukan ide-ide baru setalah membaca buku maupun informasi lainnya. Dengan membaca, anda dapat mengetahui hal baru dan memikirkan suatu hal yang akan terjadi. Begitu pula, imajinasi yang anda ciptakan melalui kebiasaan membaca dapat menghasilkan ide kreatif.

Mengetahui berbagai informasi dari suatu bacaan dapat membantu anda untuk berkomunikasi dengan orang lain. Tak jarang juga anda dapat berbagi berbagai hal tentang suatu bacaan. Bahkan, ide kreatif yang anda miliki dari kebiasaan membaca dapat menjadi suatu projek besar jika dikembangkan. Tentunya akan lebih baik jika dilakukan dengan cara berkolaborasi.

4. Tidak Mudah Percaya Dengan Hoaks Dan Fitnah

Hoaks dan fitnah bukanlah suatu hal baru yang ada di masyarakat saat ini. Perkembangan dunia teknologi yang berdampak pada mudahnya akses media sosial berakibat pada banyaknya isu hoaks dan fitnah yang tidak mudah dikenali. Hal ini disebabkan oleh kondisi fakta dan hoaks yang disebarkan melalui media sosial tampak samar dan tidak mudah dikenali. 

Melalui membaca buku maupun informasi, anda dapat memperbanyak wawasan terhadap fakta-fakta yang ada di lingkungan. Hal ini dapat membantu anda untuk mengenali hal yang hoaks dan tidak. Untuk itu, Tanoto Foundation mengajak anda untuk mengampanyekan kebiasaan membaca agar terhindar dari hoaks dan fitnah yang seringkali disebarkan melalui media.

5. Investasi Masa Depan

Pengetahuan yang anda dapatkan melalui kegiatan membaca sejak kecil adalah investasi yang dapat anda tuai di masa depan. Melalui kegiatan membaca, anda dapat mengetahui banyak hal dan memiliki tujuan hidup sebagaimana yang telah anda rencanakan. Bahkan, informasi yang anda peroleh dari membaca juga dapat menghubungkan dengan dunia luar.

Kegiatan membaca yang anda lakukan sedari kecil akan terus mempunyai manfaat hingga akhir usia. Beberapa manfaat yang akan anda dapatkan melalui kegiatan membaca diantaranya menambah wawasan, kualitas memori terjaga, mengembangkan ide kreatif, tidak mudah percaya hoaks dan menjadi investasi masa depan.

Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membangun budaya membaca. Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca

Jangan lupa Moms juga bisa ikutan lho kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget. Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020. Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation atau untuk informasi lebih lanjut di https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar