5 Tempat Kuliner Legendaris di Solo, Lezat dan Terjangkau!

5 Tempat Kuliner Legendaris di Solo, Lezat dan Terjangkau!

Kota Solo populer dengan banyak destinasi wisata sejarah dan budaya. Walaupun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa merasakan wisata kuliner di kota ini. Solo juga memiliki daya tarik tersendiri di bidang wisata kulinernya. Banyak tempat kuliner lezat dan enak di Solo. Uniknya, tempat kuliner tersebut banyak yang sudah bertahan selama puluhan tahun, dan sudah diwariskan dari generasi ke generasi. Meski sudah diwariskan, para penerus tetap mempertahankan resep asli. Jadi, soal rasa dijamin masih asli dan otentik, tanpa ada yang berubah.

Jika Anda berkesempatan untuk berwisata ke Solo, jangan lupa kunjungi 5 tempat kuliner legendaris berikut ini.

1. Timlo Sastro

Sumber: www.indonesia.travel
 
Timlo menjadi salah satu kuliner khas di Kota Solo. Tempat paling populer yang menjual makanan ini adalah Timlo Sastro. Berlokasi di salah satu sudut Pasar Gede Solo, warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1952. Sudah berdiri sangat lama bukan? Timlo Sastro menjual timlo komplit dengan isian yang terdiri atas potongan hati ampela, sosis solo, dan telur pindang lengkap dengan kuah bening. Jika Anda ingin menikmati lezatnya Timlo Sastro, Anda bisa datang ke warung ini dari jam 06.30 hingga 15.30 WIB.

2. Tengkleng Klewer Bu Edi

Tengkleng merupakan hidangan khas Solo yang mirip dengan gulai berisi daging kambing. Dahulu, tengkleng identik sebagai makanan orang kelas bawah, karena makanan ini hanya berupa tulang dengan daging tipis. Namun saat ini, tengkleng sudah menjadi makanan khas yang digemari banyak orang dari berbagai kelas sosial.

Jika Anda ingin mencicipi tengkleng legendaris di Solo, Anda bisa mengunjungi Tengkleng Klewer Bu Edi yang berada di Pasar Klewer. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1971. Tengkleng Klewer Bu Edi buka setiap hari mulai jam 1 siang. Pastikan Anda datang sesegera mungkin, karena umumnya tengkleng di warung makan ini sudah habis dalam waktu 2 sampai 3 jam saja.

3. Serabi Notosuman

Sumber: www.live.staticflickr.com
 
Serabi merupakan makanan kuliner khas Solo yang terbuat dari bahan dasar tepung beras dan santan. Makanan ini biasanya dibuat di atas cetakan bulat dan dimasak menggunakan tungku. Salah satu warung legendaris yang menjual makanan ini adalah Serabi Notosuman. Berlokasi di Jalan Mohammad Yamin No.23, Solo, warung Serabi Notosuman sudah ada sejak tahun 1923. Saat ini, Serabi Notosuman sudah memiliki banyak cabang yang tersebar hampir di seluruh wilayah Solo.

Serabi Notosuman umumnya memiliki dua varian rasa, yaitu original dan coklat. Dua rasa tersebut dijamin lezat dan harganya terjangkau. Jika Anda ingin mencicipi Serabi Notosuman, Anda bisa mengunjungi warung ini mulai jam 7 pagi.

4. Selat Solo Mbak Lies

Selat Solo Mbak Lies sudah ada sejak tahun 1985. Lokas warung makan ini berada di Jalan Veteran, Gang II, No. 42, Serengan, Solo. Anda bisa mengunjungi warung ini mulai jam 8 pagi hingga 5 sore. Sesuai dengan namanya, warung makan ini menyajikan makanan khas Solo yaitu Selat Solo.

Selat Solo merupakan makanan yang mirip dengan salad, karena banyak diisi dengan sayuran. Banyak orang mengatakan nama ‘Selat’ berasal dari plesetan kata ‘Salad’. Selat Solo ini terdiri dari daging sapi yang diberi kuah manis dan gurih, kemudian disajikan dengan kentang goreng dan sayuran rebus.

5. Es Dawet Telasih Bu Dermi

Sumber: www.ramahtraveler.com
 
Setelah berbelanja di Pasar Gede, Solo, biasanya Anda akan haus dan butuh hidangan yang menyegarkan. Jangan khawatir, masih di kawasan Pasar Gede, ada satu kedai es dawet yang enak dan ramai dikunjungi. Itulah kedai Es Dawet Telasih Bu Dermi. Berdiri sejak tahun 1930, kedai es dawet ini sudah sangat melegenda di Kota Solo. Bahkan, Jokowi juga pernah menikmati es dawet di kedai ini, lho.

Semangkuk es dawet di kedai Es Dawet Telasih Bu Dermi berisi bubur ketan hitam, bubur sumsum, tape ketan, cendol, dan biji telasih. Tidak hanya menyegarkan, es dawet di kedai ini juga cukup mengenyangkan. Untuk dapat mencicipi es dawet legendaris ini, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp8.000 saja per porsi. Sangat terjangkau bukan?

 
Itulah beberapa daftar tempat kuliner legendari yang lezat dan terjangkau di Kota Solo. Tak hanya menikmati wisata sejarah dan budaya saja, pastikan Anda juga mencoba kuliner legendaris di kota ini. Untuk mendapatkan informasi wisata lainnya di Solo, Anda bisa mengunjungi Wonderful Indonesia.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar