Cara Memilih Sabun Pencuci Botol Bayi Yang Aman

Sabun Pencuci Botol Bayi

Bayi umumnya masih minum menggunakan botol susu yang disertai dot diujungnya. Botol susu yang digunakan pada bayi memiliki perawatan khusus dan lebih teliti. Penting bagi orang tua untuk memahami cara merawat botol tersebut agar tetap bersih dan terhindar dari mikroorganisme jahat seperti kuman atau bakteri. Hal tersebut dikarenakan sistem tubuh pada bayi belum dapat beroperasi dengan sempurna dan antibodi yang terbentuk pada tubuh bayi masih terbatas sehingga paparan mikroorganisme jahat dapat membahayakan tubuh bayi yang masih rentan tersebut. 

Botol susu merupakan tempat yang mungkin bisa menjadi sarang kuman dan bakteri dikarenakan kandungan lemak pada susu umumnya susah untuk dibersihkan secara maksimal apalagi jika proses membersihkannya hanya sekedar menggunakan air mengalir saja. Dengan proses pembersihan yang tidak tepat, dapat memicu tumbuhnya kuman dan bakteri dalam botol yang selanjutnya bisa masuk ke dalam tubuh anak dan mengganggu kesehatan anak seperti diare dan sakit perut. 

Agar dapat membersihkan botol secara menyeluruh dan tuntas beserta kandungan lemaknya, sabun pencuci botol bayi bisa menjadi pilihan untuk digunakan. Namun sabun pencuci botol tidak semuanya aman untuk tubuh khususnya tubuh bayi sehingga orang tua harus lebih cermat dalam menentukannya. Berikut merupakan cara memilih sabun pencuci botol bayi yang aman untuk digunakan.

1. Hindari produk sabun pencuci botol bayi yang memiliki kandungan paraben

Paraben merupakan formula yang dapat membuat sabun pencuci botol lebih awet namun memiliki efek samping yang luar biasa pada tubuh. Efek negatif yang dapat muncul yaitu dapat memicu reaksi alergi pada tubuh khususnya untuk kulit bayi. Pada efek jangka panjangnya, sabun pencuci botol bayi dapat menumbuhkan sel kanker. Penting bagi orang tua untuk membaca komposisi kemasan beserta review-review produk untuk memastikan bahwa produk yang dipilih bebas dari paraben sehingga baik untuk si kecil.

2. Hindari produk sabun pencuci botol bayi yang tidak menyertakan keterangan food grade

Label food grade penting untuk diperhatikan untuk menjaga keamanan makanan bayi. Label tersebut hadir untuk memberikan jaminan bahwa penggunaan produk sabun pencuci botol bayi yang dikeluarkan aman untuk makanan sehingga tidak memunculkan bahaya jika dikonsumsi. Food grade ini juga bisa ditemukan pada review-review terpercaya tentang orang yang sudah memakai produk tersebut sehingga bisa sekaligus mengenali kelebihan dan kelemahan produk.

3. Hindari parfum dan pewangi buatan yang berbahaya atau tidak tercantum pada label

Pewangi yang memiliki kandungan bahan kimia berbahaya dapat membahayakan kesehatan pula. Sebelum membeli sabun pencuci alat makanan sebaiknya orang tua membaca komposisi yang terkandung dalam sabun pencuci.  Jika ditemukan produk yang tidak menyertakan jenis pewangi yang digunakan sebaiknya dihindari atau jangan dibeli karena orang tua harus memastikan produknya aman untuk bayi. 

Selain itu, memilih jenis aroma sabun cuci botol juga diharapkan tidak yang memiliki harum menyengat dan proses membersihkan sabun dengan air juga harus dipastikan maksimal sehingga ketika anak menggunakan botol minum itu lagi aroma harumnya sudah samar. Hal tersebut dikarenakan wangi menyengat pada makanan dapat memicu rasa mual pada anak. 

Dengan memperhatikan cara memilih sabun pencuci botol bayi yang tepat di atas, diharapkan orang tua dapat lebih menjaga kesehatan bayi khususnya melalui perawatan peralatan makan bayi. Selain itu, orang tua juga dapat memberikan contoh kepada keluarga lainnya agar memilih produk yang aman untuk kesehatan. Dengan menjaga kebersihan yang tepat, diharapkan kualitas kesehatan keluarga dapat meningkat menjadi lebih baik lagi.  
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar