Dua Zat Gizi Untuk Mengurangi Resiko Alergi Pada Anak

Dua Zat Gizi Untuk Mengurangi Resiko Alergi Pada Anak

Rhinitis atau rhinitis alergi adalah kondisi dimana hidung mengalami peradangan sehingga menyebabkan pilek, bersin-bersin dan hidung tersumbat. Penyebabnya bisa banyak hal. Misalnya debu dan tungau debu, asap, dingin, seafood, susu sapi, dll. Reaksi yang dimunculkan juga beragam. Selain bersin-bersin dan pilek, pada beberapa kasus juga mengakibatkan sesak

Bayi dan anak-anak memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena alergi atau rhinitis. Daya tahan tubuh mereka yang masih lemah harus selalu ditopang dengan makanan yang bergizi. Juga asupan vitamin dan mineral yang tidak boleh lupa. Seperti halnya pentingnya asam folat untuk ibu hamil dan mau hamil, seperti itu pula pentingnya zat gizi seimbang bagi si kecil. apa saja zat gizi itu?

Pertama, Vitamin C. vitamin C sangat penting dalam menjaga imunitas tubuh. Vitamin C dosis tinggi dapat menangkal kuman dan virus, membuat tubuh anak lebih kuat saat berdekatan dengan sumber alergi. Vitamin C juga mempercepat proses penyembuhan, mengeringkan luka dan mencegah pendarahan gusi. Anak dapat memperoleh vitamin C dosis tinggi dari buah-buahan seperti guava, jeruk, madu, dll.

Perlu diperhatikan, karena vitamin C larut di dalam air, jadi tidak bisa disimpan di dalam tubuh. Karena itu penting untuk menjaga asupannya stabil setiap hari. Jika orang tua kesulitan dalam menjaga jumlah vitamin yang dikonsumsi anak, sebaiknya dibantu dengan v

Kedua, Probiotik. Probiotik  adalah sejumlah bakteri baik yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan flora dalam usus. Probiotik menjaga kesehatan pencernaan. Karena 70% kesehatan tubuh dipengaruhi oleh sehat tidaknya pencernaan, maka probiotik penting sekali dikonsumsi oleh anak.
Anak-anak mendapat asupan probiotik dari makanan, berupa susu, yoghurt, dan tempe. Probiotik akan membantu mengurangi kesensitifan tubuh terhadap alergen. Konsumsi probiotik oleh ibu hamil juga dapat mengurangi resiko alergi pada anaknya kelak.

Saat ini beberapa merk susu anak juga dilengkapi dengan probiotik untuk membantu penerimaan pencernaan terhadap produk susu. Maka probiotik penting sebagai pertahanan tubuh anak menghadapi allergen rhinitis alergi.

Terlepas dari dua zat gizi diatas, menjaga anak agar tidak terpapar alergen adalah hal mutlak. Tempatkan anak di ruangan yang bersih. Jangan menumpuk barang atau menggantung barang di belakang pintu kamar. Ganti sprei dan bersihkan karpet paling tidak seminggu sekali.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar