Daya Baterai HP Cepat Habis? Inilah Tips Mengisi Baterai Gadget agar Tahan Lama

Tips Mengisi Baterai Gadget agar Tahan Lama

Gadget merupakan sebuah elektronik yang digunakan hampir di semua lini dengan berbagai kebutuhan. Dari tahun ke tahun selalu ada tipe baru yang keluar dengan varian harga yang terjangkau. Anda bisa mendapatkannya dengan murah dan cepat. Tidak hanya dijual secara offline, tetapi juga online.

Berbagai jenis aksesoris pun hadir sesuai dengan kebutuhan. Mengingat hampir semua aktivitas hari ini yang tidak bisa lepas dari barang elektronik ini, Anda perlu menjaga ketahanan baterai agar tidak mudah bocor.

Tips Mengisi Baterai Gadget agar Tahan Lama

Ini tips mengisi baterai agar tahan lama yang bisa diterapkan secara mudah.

1. Charger Asli
Gunakan charger yang asli sangat melakukan pengisian baterai. Ini agar volt dan arus yang digunakan sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda menggunakan sembarangan charger untuk pengisian baterai, maka akan mendapatkan risiko buruk pada baterainya. Jika terjadi kerusakan pada charger bawaan, belilah pengganti dengan kapasitas volt dan arus yang sama agar ketahanan baterai tidak terpengaruh.

2. Volume Pengisian
Saat melakukan pengisian baterai jangan dilakukan sampai 100% karena dapat membuat baterai cepat rusak. Cukup lakukan pengisian baterai kurang dari 100%, misalnya 90-95% maksimal. Saat akan melakukan pengisian baterai juga tidak boleh menunggu gadget sampai mati total.

Anda sebaiknya melakukan pengisian saat baterai sudah berada di kapasitas 30% ke bawah. Jangan pula mengecas baterai saat masih 40%. Ini juga dapat membuat baterai mengalami kerusakan dan tidak tahan lama untuk digunakan.

3. Atur Tampilan layar
Tips selanjutnya yang dilakukan saat pengisian baterai agar tahan lama dengan mengatur tampilan layar. Aturlah agar kontras layar smartphone Anda dalam posisi paling rendah agar tidak memakan baterai selama pengisian. Nanti setelah baterai penuh Anda bisa kembali mengatur tampilan cahayanya.

4. Tidak Menggunakan Power Bank
Ketika sedang kepepet atau di perjalanan seringkali Anda akan menggunakan alternatif power bank untuk melakukan pengisian baterai. Kebiasaan ini sebenarnya tidak baik untuk menjaga kualitas baterai. Penggunaan power bank yang terlalu sering dapat membuat baterai menjadi drop. Jadi, sebaiknya untuk menghindari melakukan pengisian dengan menggunakan power bank.

5. Tidak Menggunakan USB PC / Laptop
Anda juga tidak boleh melakukan pengisian baterai di USB PC / laptop yang akan membuat baterai menjadi cepat rusak. Kerusakan dapat terjadi karena arus pada laptop sangat lah kecil yang tidak memenuhi kapasitas arus pada smartphone. Arusnya sangat jauh berbeda dengan Anda langsung melakukan pengisian di colokan. Hal ini harus dihindari jika Anda ingin baterai dapat bertahan lama.

6. Hapus Aplikasi Baterai
Ada banyak sekali aplikasi di Playstore yang bisa digunakan secara gratis. Salah satunya aplikasi untuk baterai. Buat Anda yang sudah menggunakan aplikasi ini, segera hapus agar tidak mengganggu kualitas baterai. Aplikasi ini memiliki beban yang kuat dalam menggunakan tenaga baterai.

Ini membuat kualitas baterai Anda cepat menurun. Jadi, sebaiknya tidak perlu menggunakan aplikasi baterai yang sebenarnya juga tidak dibutuhkan oleh smartphone. Anda bisa melihat dengan manual sisa baterai dan melihat pemakaian baterai di sistem tanpa perlu menggunakan menginstal aplikasi khusus baterai.

Anda sebagai pengguna gadget harus cerdas dalam melakukan perawatan. Tidak hanya saat memilih aksesoris yang akan digunakan, tetapi juga cara pengisian baterai. Ada banyak sekali jenis kabel USB untuk charger yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dan cepat secara online. Pastikan Anda memilih produk yang memiliki kualitas terbaik. 

0 komentar:

Posting Komentar