Sabtu, 09 Juni 2018

Tips Agar Shuttlecock Tidak Mudah Rusak yang Harus Anda Coba

Tips Agar Shuttlecock Tidak Mudah Rusak yang Harus Anda Coba

Shuttlecock juga disebut sebagai burung yang digunakan dalam olahraga bulutangkis. Benda yang satu ini memiliki bentuk kerucut terbuka yang dibentuk oleh bulu atau alternatif sintetis yang tertanam ke dalam dasar gabus bulat atau karet. Bentuk benda yang satu ini membuatnya sangat stabil secara aerodinamis. Terlepas dari orientasi awal, benda ini juga akan berbalik untuk terbang gabus terlebih dahulu, dan tetap dalam orientasi gabus pertama. Sedangkan di pasaran juga memiliki 2 macam kwok yang dapat dipilih sesuai dengan selera dan sesuai dengan kebutuhan. Dua diantara pilihan yaitu kwok plastik dan bulu dan masing-masing kwok memiliki kelebihan dan kekurangan.

Sedangkan nama dari benda yang satu ini pun juga berasal dari zaman Victoria, ketika badminton pertama kali populer. Ini sering disingkat menjadi pesawat ulang-alik. Bagian pesawat ulang-alik dari nama itu mungkin berasal dari gerakan bolak-baliknya selama pertandingan, menyerupai pesawat ulang-alik dari alat tenun. Pada umumnya benda yang satu ini memiliki berat sekitar 4,75 hingga 5,50 g (0,168 hingga 0,194 oz). sedangkan untuk 16 bulu dengan masing-masing bulu 70 mm (2,8 inci) panjangnya. Diameter gabus adalah 25 hingga 28 mm (0,98 hingga 1,10 inci) dan diameter lingkaran yang dibuat bulu sekitar 54 mm (2,1 inci).

Benda ini terbentuk dari 16 atau lebih bulu yang tumpang tindih, biasanya angsa atau bebek, tertanam ke dalam dasar gabus membulat. Gabus ditutupi dengan kulit tipis. Bulu-bulu yang ada pada shuttlecock ini pun juga mudah rapuh, sehingga hal inilah yang menjadikan para pemain bulutangkis harus lebih sering kali untuk mengganti selama pertandingan. Oleh sebab itulah kwok sintetis ini dikembangkan dan menggantikan bulu-bulu dengan plastik. Pemain sering mengacu pada kwok sintetis plastik dan kwok berbulu.

Sedangkan untuk harga dari kwok bulu yang baik mirip dengan plastik berkualitas baik, tetapi plastik jauh lebih tahan lama, bahkan hal inilah yang menjadikan kwok plastik sering kali dijadikan sebagai pilihan yang terbaik agar kwok tidak mudah mengalami kerusakan saat dimainkan di dalam pertandingan dan tidak akan menyebabkan para penman merasa lelah karena harus bergonta-ganti kwok secara terus menerus. Jika Anda ingin melakukan pembelian kwok, maka Anda dapat melakukan pembeliannya di beberapa toko online maupun di toko perlengkapan olahraga.

Pemain yang sudah berpengalaman dan mahir lebih menyukai kwok dari bulu, dan untuk turnamen atau liga yang serius akan selalu memainkan bulutangkis dengan kwok bulu dengan kualitas tertinggi. Pemain berpengalaman umumnya lebih suka dengan kwok berbulu, hal ini dikarenakan kwok bulu lebih mudah dikendalikan dengan raket jika dibandingkan dengan kwok plastik yang cenderung lebih sulit untuk dikendalikan. Bahkan di beberapa negara seperti di Eropa dan Amerika Utara, kwok plastik hampir tidak digunakan sama sekali.


Karakteristik bermain dengan kwok plastik dan dengan kwok bulu dapat dilakukan dengan cara yang substansial dan berbeda. Hal ini dikarenakan kwok plastik terbang lebih lambat akan tetapi memperlambat kurang ke arah akhir penerbangan kwok. Sementara kwok bulu cenderung jatuh lurus ke bawah pada bidikan yang jelas, bahkan untuk kwok plastik tidak pernah cukup kembali ke lurus, sehingga hal inilah yang menjadikan sebagian para pemain profesional jarang menggunakan kwok plastik. Sedangkan untuk melakukan perawatan pada shuttlecock ini pun juga cukuplah mudah dan tidak akan menghabiskan banyak tenaga dalam melakukan perawatannya.

0 komentar:

Posting Komentar